Pelecing Kangkung + Opak-opak


Salah satu makanan khas suku sasak Pulau Lombok yang terkenal adalah Pelecing Kangkung, makanan khas yang terbuat dari sayuran kangkung hijau ini memang memiliki rasa yang sangat nikmat di lidah apa lagi bagi lidah orang-orang yang suka memakan makanan pedas. Di luar Pulau Lombok seperti di Bali memang sering kita jumpai makanan seperti ini namun untuk masalah rasa tidak senikmat Pelecing Kangkung yang kita jumpai di Pulau Lombok.

Pelecing kangkung akan lebih terasa nikmat apabila di sajikan secara bersamaan menggunakan Opak-opak, Opak-opak adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari Ubi Batang yang biasanya di gunakan sebagai alas dari Pelecing Kangkung.

Proses pembuatan Opak-opak membutuhkan waktu yang lumayan lama yaitu sekitar satu minggu lebih dari pemilihan ubi batang sebagai bahan dasar hingga menjadi Opak-opak yang gurih.

Sedikit cara singkat pembuatan Opak-opak pertama ubi batang di pilih berdasarkan ukurannya kemudian di parut hingga menjadi lebur kemudian di campur dengan sedikit adonan dari kelapa setelah itu di tuangkan ke dalam wajan hingga membentuk bundaran putih setelah beberapa menit agak kering kemudian adonan di angkat untuk di jemur di terik matahari setelah beberapa hari penjemuran baru kemudian Opak-opak ini siap di bakar untuk di jadikan kerupuk dan alas dari pelecing kangkung.

Sedikit Info tentang Pelecing Kangkung :


  • Makanan asli masyarakat Pulau Lombok.
  • Pelecing kangkung yang enak dan asli hanya ada di Pulau Lombok.
  • Harga untuk satu porsi sekitar Rp. 1000 + Opak-opak.

Photo Gallery







0 komentar:

Posting Komentar