Masjid bayan beleq - Masjid Kuno Lombok Utara

Masjid bayan beleq adalah sebuah masjid kuno yang terletak di desa Bayan Kabupaten Lombok Utara NTB, Masjid Bayan Beleq merupakan salah satu masjid yang didirikan pada awal perkembangan agama islam di pulau Lombok, Masjid ini di perkirakan telah di bangun sekitar 300 tahun yang lalu oleh seorang penghulu yang bernama Gaus Abdul Rozak yang telah di makamkan di kompleks masjid ini, oleh penduduk setempat makam ini di kenal dengan nama “makam titi mas penghulu”.

Masjid yang berbentuk sederhana ini memiliki ukuran 9x9 m, Dengan Dinding dan atap terbuat dari pohon bambu, fondasi lantainya terbuat dari batu-batu kali sedangkan untuk lantai masjidnya terbuat dari tanah liat yang kemudian di tutupi dengan tikar-tikar bulu, Di sudut-sudut ruang masjid ini terdapat empat tiang utama yang berfungsi sebagai penopang masjid, tiang-tiang yang berbentuk silinder ini terbuat dari kayu nangka yang telah di pilih kualitasnya terlebih dahulu.

Meskipun masjid ini memiliki bentuk yang sangat sederhana namun masjid bayan beleq memiliki keistimeawaan tersendiri yaitu menjadi salah satu situs  bersejarah di Indonesia. Kecamatan bayan merupakan salah satu pintu masuknya agama islam di Pulau Lombok, di kecamatan inilah untuk pertamakalinya Islam di ajarkan.

Dari ibu kota Mataram masjid ini berjarak sekitar 80 Km dengan jarak tempuh sekitar dua setengah jam lebih dengan kecepatan normal menggunakan kendaraan roda dua maupun dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Sedikit info tentang masjid bayan beleq

  • Merupakan masjid pertama yang berdiri di Pulau Lombok
  • Masjid yang memiliki bentuk sederhana namun memiliki keistimewaan tersendiri
  • Berlokasi di kecamatan bayan kabupaten Lombok Utara
  • Utamakan jangan membuang sampah secara sembarangan apa bila anda mengunjungi situs bersejarah ini
  • Bersikaplah sopan kepada penduduk setempat dan kepada penjunjung lainnya

    Gallery Photo Masjid bayan beleq







    0 komentar:

    Posting Komentar